CommentLuv Enabled

Informasi Produk PHP LightArmy

Senin, 03 Agustus 2009

Bagaimana sulitnya membuat aplikasi berbasis web?

Aplikasi berbasis web memerlukan pengetahuan luas dari berbagai bahasa (pemrograman). Jika Anda memilih untuk menggunakan scripting PHP misalnya, Anda masih perlu untuk memahami sintaks html, javascript dan yang lainya untuk menghasilan aplikasi yang diharapkan.

Kesulitan ditambah lagi dengan bercampurnya bahasa-bahasa itu dalam satu program, yang bisa jadi membuat stress programmer-nya. Apalagi saat terjadi kesalahan sangatlah sulit untuk menemukannya dan memperbaikinya. Perubahan-perubahan pun menjadi begitu sulit untuk dilakukan bahkan untuk perubahan yang sedikit saja, bisa memerlukan usaha yang sangat besar.

Satu dampak langsung dari kesulitan ini adalah kualitas dari aplikasi yang dihasilkannya, menjadi sulit untuk dipastikan. Dampak yang kedua adalah dari segi waktu. Sudah umum bahwa pembuatan aplikasi berbasis web relatif jauh lebih lama dikerjakan.

LightArmy datang untuk mengatasi permasalahan ini.

Pertama, LightArmy menyediakan dasar untuk menyederhanakan pembuatan aplikasi dengan memfokuskan diri pada permasalahan utama yang akan diselesaikan melalui aplikasi yang akan dibuat. Pembuatan aplikasi tidak perlu lagi memikirkan bagaimana login akan dilakukan, bagaimana mengatur aksesnya, bagaimana menempatkan file yang aman, bagaimana mengatasi hacker, bagaimana membuat multi-bahasa, dan hal-hal lain yang sifatnya umum dalam semua aplikasi.

Kedua, LightArmy memberikan kerangka dalam pembuatan aplikasi dengan memisahkan kode dari tampilan serta aplikasinya(instansinya). Scripting(kode) tidak lagi campur aduk dengan html atau javascriptnya. Tidak ada ikatan erat antara kode dengan tampilan. Hal ini sangat memudahkan perubahan-perubahan yang diperlukan bahkan perubahan yang besar sekalipun. Hasil dari masing-masing akan menjadi begitu maksimal karena dibuat oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya.

Satu dampak langsung dari kemudahan ini adalah kualitas dari aplikasi yang dihasilkannya, menjadi lebih mudah untuk dipastikan. Dampak yang kedua adalah dari segi waktu yang bisa dipercepat. Percepatan menjadi semakin signifikan dengan adanya 'code generation' yang menghasikan cRUD database hanya dalam hitungan menit. Bayangkan jika membuatnya (fitur lengkap) dari awal yang memakan waktu berhari-hari bahkan mingguan, tetapi kini bisa diperoleh dalam waktu hanya beberapa menit saja. Dengan 'code generation', Anda sendiri, tanpa harus tahu sintaks php, html, dan javascript dapat membuat aplikasi yang berkualitas supercepat.

Tautan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
IT Professional, Institut Teknologi Bandung

Pengikut